Monday 13 January 2014

APLIKASI PHET UNTUK SIMULASI ASAM DAN BASA


APLIKASI PHET UNTUK SIMULASI ASAM DAN BASA
PhET menyediakan menyenangkan , interaktif , simulasi berbasis penelitian fenomena fisik secara gratis . Kami percaya bahwa pendekatan – menggabungkan temuan berbasis penelitian kami dari penelitian sebelumnya dan kami pengujian memungkinkan siswa untuk membuat hubungan antara fenomena kehidupan nyata dan ilmu yang mendasari , memperdalam pemahaman dan apresiasi terhadap dunia fisik mereka sendiri .
Untuk membantu siswa memahami konsep visual , simulasi PhET menghidupkan apa yang terlihat oleh mata melalui penggunaan grafis dan kontrol intuitif seperti klik – dan-tarik manipulasi , slider dan tombol radio . Dalam rangka untuk lebih mendorong eksplorasi kuantitatif , simulasi juga menawarkan instrumen pengukuran termasuk para penguasa , stop- watches , voltmeter dan termometer . Sebagai pengguna memanipulasi alat ini interaktif , tanggapan segera animasi sehingga secara efektif menggambarkan hubungan sebab -akibat serta beberapa representasi terkait ( gerak objek , grafik , nomor readouts , dll )
Untuk memastikan efektivitas pendidikan dan kegunaan , semua simulasi secara ekstensif diuji dan dievaluasi . Tes ini meliputi wawancara mahasiswa di samping pemanfaatan aktual dari simulasi dalam berbagai pengaturan , termasuk ceramah , kerja kelompok , pekerjaan rumah dan praktikum . Sistem peringkat kami menunjukkan apa tingkat pengujian telah selesai pada setiap simulasi .
Semua simulasi PhET tersedia dengan gratis dari website PhET dan mudah digunakan dan memasukkan ke dalam kelas. Mereka ditulis dalam Java dan Flash , dan dapat dijalankan dengan menggunakan web browser standar asalkan Flash dan Java diinstal .
Salah Satu Aplikasi yang terdapat di dalamnya adalah untuk Asam dan Basa. Pastikan dalam leptop atau gadget yang akan kita gunakan sudah kita install dengan java. Setelah itu kita mendownload aplikasi nya di http://phet.colorado.edu/en/about Tampilan awal dari aplikasinya adalah :

Kita dapat mengubah sesuai dengan apa yang kita inginkan misalnya Asam Kuat. Kita mengeklik pada radio button Asam Kuat. Kita juga dapat melihat pH dari larutan tersebut dengan cara mengedrag gambar yang bertulisan pH dalam gelas kimia.
Hasil dari pembacaan pH larutan Asam Kuat tersebut adalah 2.
Selain menggunakan pH meter, pada aplikasi ini kita dapat mengukur pH menggunakan indikator universal. Kita dapat menggunakannya untuk meunjukkan pada siswa cara penggunaan pH  universal dengan mencocokan indikator yang ada.
Ada juga penentuan berbagai pH dari larutan yang kita buat sendiri dengan berbagai konsentrasi sesuai yang kita inginkan pada tab larutan khusus.







0 comments:

Post a Comment